Andalan Melawan Serangan Covid-19 Tinggal Mengebalkan Sistem Imun

Betul. 
Ketika Covid sudah merajelela ke mana-mana tak lagi terbendung, karena semkain banyak orang terserang, akibat beberapa faktor -- hanya satu-satunya yang bisa kita andalkan ialah kekebalan tubuh. Tubuh memilik sistem imun, perangkat tubuh memerangi segala bibit penyakit apa saja yang memasukinya. Perangkat itu merupakan sebuah sistem, yang selain ada di dalam sel darah putih, diperoduksi pula oleh sumsum tulang belakang, dan kelenjar thymus, lalu menjaga tubuh sebagai pasukan di kelenjar getah bening dan limpa (reticuloendthelial system). Perangkat inilah yang sejak kita lahir sampai ujung hayat bekerja menggempur apa saja bibit penyakit yang memasuki tubuh agar tidak jatuh sakit infeksi. Begitu juga terhadap Covid-19. 

Masalahnya tidak semua orang kekebalan tubuhnya tangguh dan prima. Makin bertambah umur kekebalan tubuh kian menurun. Demikian pula apabila mengidap penyakit gangguan imunitas, termasuk HIV, otoimun, dan pengaruh obat penekan imunitas yang dibutuhkan bila reaksi antibodi tubuh berlebih (immunosuppressive agent). Faktor lain yang memperburuk sistem imun bila kita merokok, kurang mengkonsumsi buah dan sayur, kurang exercise, berat badan berlebih, peminum alkohol, kurang tidur. Lalu bagaimana agar sistem imun tubuh bisa didongkrak supaya terungkit lebih tangguh dan prima? Betulkah bisa dengan tambahan macam-macam? Tidak selalu mudah, oleh karena sistem imun tersusun oleh berbagai jenis sel kekebalan yang berbeda-beda untuk menyerang bibit penyakit yang berbeda-beda. Lalu perlu mengungkit sel kekebalan mana untuk penyakit apa itu yang jadi masalah. Bahwa semakin hari sistem imun tubuh bertambah kaya apabila semakin sering terserang bibit penyakit. 

Sistem imun punya memori untuk mengenali bibit penyakit, sehingga dengan ingatan itu bibit penyakit yang sama akan dengan mudah disergap dan dibunuhnya, dengan cara demikian tubuh kebal terhadap penyakit yang pernah bikin tubuh sakit itu. Pasukan terhebat dari sistem kekebalan ada dua jenis yakni yang sel (cellular) berupa sel darah putih utamanya lymphocytes, yang diwakili oleh T-cell, sel andalan penumpas bibit penyakit yang pada orang HOV sel itu lumpuh. Dan ada pula B-cell yang diproduksi Bursa omentalis, yang bekerja sama dengan T-cell menumpas bibit penyakit. Selain itu kekebalan yang bersifat cairan atau humoral. Semua sistem kekebalan disebar tubuh di semua bagian tubuh lewat markas0masrkasnya di kelenjar getah bening, selaput lendir dan limpa. Maka perlu zat pengangkat darah dan saluran getah bening agar pasukan bisa disebarkan ke mana saat diperlukan. 

Bibit penyakit yang memasuki saluran pernapasan pasukan pengawal yang berada di selaput lendir atau mucosa saluran pernapasan di hidung, tenggorokan dan kerongkongan. Di situ bibit penyakit mula pertama di sergap, lalu mati, dan penyakit gagal muncul. Namun kalau pasukan garda depan kalah perang melawan serbuan bibit penyakit karena jumlahnya atau keganasannya, maka bibit penyakit terus menerobos memasuki organ tubuh. Di sana bibit penyakit melawan sistem kekebalan di kelenjar getah bening. Peperangan terjadi dan bila tubuh kalah maka bibit penyakit terus berbiak menimbulkan penyakitnya. Tubuh jadi jatuh sakit. Proses itu berlangsung selama masa tunas penyakit. Covid-19 perlu 14 hari inkubasinya. 

Kembali ke sistem imun, paling kurang membutuhkan nutrisi tubuh yang lengkap, karena sel maupun cairan kekebalan memerlukan bahan baku untuk memprosuksi sistem imun, khususnya asam amino atau gugus protein, Kecukupan asupan menu berprotein tinggi menjadi penting, khususnya telur. Jadi bukan vitamin yang macam-macam melainkan menu bergizi lengkap 45 jenis nutrient. Diketahui apabila tubuh kekurangan beberapa vitamin mineral, sebut saja vitamin, A,B,C. D, dan E, selain asam folat (flicacid) respons imun menurun. Artinya daya serbu sistem imun lemah, maka vitamin ini diperlukan. Termasuk apabila kekurangan mineral dan trace elements zinc (Zn(, iron (zat besi) selenium. Sedang vitamin yang lainnya tidak sebesar peran yang disebut di atas untuk sistem imun berfungsi normal. Anjuran suntikan vitamin C dosis tinggi atau megadosis tidak masuk akal medis karena memang tidak diperlukan, seperlu menu bergizi lengkap.

Suara Tokoh21
Suara Tokoh Updated at: 11:12 AM
Andalan Melawan Serangan Covid-19 Tinggal Mengebalkan Sistem Imun | Suara Tokoh | 5